Sifat Serta Operasi Bentuk Akar

Thursday, July 27th 2017. | Aljabar
advertisements

Bentuk akar akan sering kita temukan dalam mengerjakan matematika, oleh karena itu kita harus paham mengenai sifat serta operasi bentuk akar. Rumus Matematika kali ini akan mengulas mengenai bentuk akar, baik sifat-sifat dari bentuk akar sendiri maupun operasi dan bentuk akar. Langsung saja mari kita bahas bersama materi bentuk akar ini.

4.5

Sifat Serta Operasi Bentuk Akar

Bentuk akar adalah sebutan untuk bilangan berakar yang hasil akarnya adalah bilangan irrasional. Dan bilangan irrasional sendiri adalah bilangan real yang tidak dapat dinyatakan dalam bentuk a/b, dimana a dan b merupakan bilangan bulat serta b≠0.

Adapun Sifat-sifat operasi bentuk akar adalah sebagai berikut :

adversitemens

4.6

Ada 7 sifat dari bentuk akar yang harus kita pahami betul agar kita mudah dalam mengerjakan soal. Tetapi saya yakin temen-temen akan langsung paham setelah membaca dan memahami sifa-sifat tersebut. Selanjutnya kita akan membahas mengenai operasi apa saja yang dapat dilakukan untuk bentuk akar. Inilah beberapa operasi dalam bentuk akar.

Operasi dalam bentuk akar :

4.5

Itulah operasi dalam bentuk akar yang akan sering kita jumpai ket8ika mengerjakan soal bentuk akar, jadi bagaimana operasi bentuk tersebut temen-temen harus bener-bener memahaminya.

Selanjutnya kita akan membahas mengenai merasionalkan pecahan dengan penyebut akar, apakah bisa? tentu saja bisa kita rasionalkan. Bagaimana caranya akan kita bahas kali ini, perhatikan bentuk akar serta langkah dalam merasionalkan penyebut bentuk akar berikut ini.

4.5

  1. Kalikanlah pembilang dengan bentuk sekawan penyebutnya.
  2. Kalikanlah penyebut pecahan tersebut dengan bentuk sekawan penyebutnya.

Perhatikan contoh berikut:

4.5

Untuk lebih memahami materi bentuk akar mari kita bahas bersama beberapa contoh soal berikut.

contoh soal 1.

Berapakah hasil dari √2/√6 ?

Penyelesaian :

4.5

contoh soal 2.

Rasionalkanlah bentuk persamaan berikut ini.

4.5

Penyelesaian :

4.5

 

Itulah materi mengenai bentuk akar, operasi dari bentuk akar, serta sifat-sifat dari bentuk akar. Dan kami juga telah memberikan contoh soal beserta penyelesaiannya, mudah-mudahan dapat membantu temen-temen dalam belajar materi matematika bentuk akar yang ada dikelas 9. Jangan lupa baca juga artikel sebelumnya mengenai Materi inti Kesebangunan dan Kekongruenan. Semoga bermanfaat dan selamat belajar

 

advertisements
tags: , , , , , ,

Related For Sifat Serta Operasi Bentuk Akar