Rumus Menghitung Luas dan Volume Tabung Serta Aplikasinya

Advertisements


Rumus Matematika akan memaparkan tentang tabung baik dari bentuk, ciri-ciri, luas dan volume yang pastinya sudah tidak asing lagi bagi kita. Sebelumnya kita lihat dulu gambar bentuk tabung berikut ini.

dimana tabung tersebut mempunyai ciri-ciri terdapat 2 rusuk, alas dan tutupnya berupa lingkaran ser ta mempunyai 3 bidang sisi yaitu alas, selimut dan tutup. Berikut ini rumus luas permukaan tabung yang harus kita ingat agar jika kita menemukan soal tentang luas permukaan tabung kita langsung dapat menjawabnya.

Advertisements

r pada rumus disamping merupakan jari-jari dari alas tabung yang berupa lingkaran. Jadi rumus luas permukaan tabung sama saja dengan rumus luas lingkaran karena permukaan tabung adalah lingkaran.

Untuk selimut tabung, jika kita ingin menghitung luas selimut tabung kita dapat menggunakan rumus sebagai berikut :

 luas selimut tabung

Dan jika kita ingin menghitung volume atau isi tabung kita dapat menggunakan rumus sebagai berikut.

v tabungRumus volume disamping merupakan rumus kuas alas dikali tinggi. Karena alas tabung berupa lingkaran maka rumus volume merupakan rumus luas lingkaran dikalikan tinggi tabung. Agar lebih mudah mengingatnya kita ingat saja bentuk tabung, dari situ kita akan lebih mudah mengingat baik rumus luas ataupun rumus volume tabung.

Contoh soal :

Diketahui sebuah tabung mempunyai jari-jari 14 dan mempunyai tinggi 10, berapakah luas permukaan tabung serta hitung volume dari tabung tersebut ?

jawab :

permukaan tabung merupakan sebuah lingkaran sehingga kita akan menghitung luas lingkaran.

soal p tabung

selanjutnya untuk menghitung volume tabung hasil luas permukaan diatas kita kalikan dengan tinggi tabung. volume tabung = 616 x 10 = 6.160 jangan lupa tambahkan komentar pada kolom yang tersedia dan semoga bermanfaat.

Video Cara Menyelesaikan Tabung

Advertisements