Rumus Menghitung Luas dan Keliling Belah Ketupat Lengkap

Posted On June 26, 2013 | Under Category:
advertisements

Belah Ketupat merupakan bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh empat rusuk yang sama panjang serta dua pasang sudut bukan siku-siku yang amsing-masing sama besar dengan sudut yang berada dihadapannya. Belah ketupat juga dapat dibangun dari dua buah segitiga sama kaki yang identik dan simetri pada alas-alasnya.

belah ketupatGambar belah ketupat memang hampir mirip dengan layang-layang, pernedaannya terletak pada sisi. Jika pada belah ketupat keempat sisinya sama panjang, sedangkan pada layang-layang dari empat sisinya 2pasang setiap sisinya sama panjang.

Berdasarkan gambar disamping, s merupakan sisi dan d1,d2 merupakan diagonal vertikal dan diagonal horisontal yang masing-masing berpotongan tegak lurus, walaupun tidak sama panjang. Masing-masing sudut yang berhadapan pada belah ketupat sama besarnyaa, terlihat pada gambar disamping.

Untuk menghitung luas dan keliling belah ketupat kita gunakan rumus :

Luas = ½.d1.d2

Keliling = s + s + s +s

Keliling = 4.s

Demikian ulasan Rumus Menghitung Luas dan Keliling Belah Ketupat Lengkap semoga dapat membantu, baca juga artikel sebelumnya Cara Menghitung Luas dan Keliling Layang-Layang.

advertisements

Share to

FacebookGoogle+TwitterDigg
Was posted by: raras With rating: 5.0, and title: Rumus Menghitung Luas dan Keliling Belah Ketupat Lengkap
tags: , , , ,

Related For Rumus Menghitung Luas dan Keliling Belah Ketupat Lengkap