Penjelasan Lengkap Rumus Balok

Advertisements


Balok merupakan sebuah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk dari tiga pasang persegi atau persegi panjang dimana satu pasang diantaranya berukuran berbeda. Bangun berbentuk balok dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari seperri lemari es, pintu, lemari pakaian, dll. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar balok dibawah inj.

gambar balok

Advertisements

Berdasarkan gambar diatas kita dapat mengetahui

jumlah sisi balok = 6 , dimana

jumlah rusuk balok = 12

jumlah titik sudut balok = 8

Balok yang dibentuk oleh enam persegi yang sama dan sebangun disebut kubus.

Rumus Luas permukaan balok = 2.(p.l+l.t+p.t)

Rumus Volume balok = p.l.t

Panjang diagonal ruang balok = h

Panjang diagonal sisi balok =

i

j

k

Sehingga luas bidang diagonal balok =

l

m

n

Balok1

dari gambar disamping yang dimaksud dengan diagonal ruang yaitu b-h, untuk diagonal ruang yang lain dapat anda tentukan sendiri dengan melihat gambar disamping.

Yang dimaksud dengan diagonal bidang / diagonal sisi yaitu b-g. Untuk diagonal bidang yang lain dapat anda tentukan dengan melihat gambar disamping sebagai latihan.

 

Balok2

Gambar balok disamping akan menunjukan bidang diagonal. Salah satu contoh bidang diagonal yang ditunjukan pada gambar disamping yaitu a-b-g-h. Untuk bidang diagonal yang lain dapat anda tentukan sendiri berdasarkan gambar sebagai latihan. Karena matematika itu perlu banyak latihan, bisa karena biasa.

 

 

 

Video Cara Mudah Menghitung Balok

Rumus Balok diatas semoga dapat membantu teman-teman dalam menyelesaikan berbagai bentuk soal yang berhubungan dengan balok. Untuk rumus bangun ruang yang seperti tabung dapat anda lihat pada Rumus Menghitung Luas dan Volume Tabung Serta Aplikasinya.
 

Advertisements