Cara Mudah Menyelesaikan Perbandingan Dua Besaran Sejenis

Friday, August 28th 2015. | Perbandingan
advertisements

Setelah sebelumnya rumus matematika membahas mengenai rabat, bruto, tara dan neto yaitu dalam lingkup aritmatika kini kita akan belajar bersama mengenai perbandingan baik dari segi pengertian perbandingan itu sendiri sampai bagaimana menyederhakan perbandingan dua besaran sejenis.  Karena perbandingan itu merupakan hal yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari, baik dari hal kecil maupun hal besar. Dan juga merupakan hal dasar untuk lebih memahami matematika secara lebih luas.

perbandingan

1. Pengertian perbandingan

Untuk memudahkan memahami pengertian dari perbandingan perhatikan uraian berikut ini.

adversitemens

Berat badan rani 24 kg, sedangkan berat badan yogi 30kg. Perbandingan berat badan rani dan yogi dapat dinyatakan dengan dua cara berikut.

a. Berat badan rani kurang dari berat badan yogi, dalam hal ini yang dibandingkan adalah selisih berat badan.

b. Berat badan rani : berat badan yogi = 24 : 30 = 4 : 5. Dalam hal ini, yang dibandingkan adalah hasil berat badan rani dan berat badan yogi.

Sehingga berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada dua cara dalam membandingkan dua besaran, yaitu sebagai berikut :

a. Dengan mencari selisih.

b. Dengan mencari hasil bagi.

 

2. Menyederhanakan Dua Besaran Sejenis

Untuk memudahkan teman-teman dalam membandingkan dan menyederhanakan dua besaran sejenis, perhatiakan uraian dibawah ini.

Sebuah meja berukuran panjang 150 cm dan lebar 100 cm. Perbandingan panjang dan lebar meja dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan mencari selisihnya 150 cm – 100 cm = 50 cm, atau dapat pula dengan mencari hasil baginya yaitu 150 : 100 = 3 : 2.

Panjang dan lebar meja merupakan dua besaran sejenis, karena merupakan satuan yang sama, yaitu cm. Namun, panjang meja dengan luas meja adalah dua besaran yang tidak sejenis, karena mempunyai satuan yang berbeda sehimngga tidak dapat dibandingkan.

Dengan penjelasan diatas diharapkan teman-teman sudah paham mengenai mana yang termasuk besaran sejenis dan mana yang termasuk besaran tak sejenis. Dan besaran yang dapat dibandingkan adalah besaran yang sejenis.

Perhatikan contoh berikut.

1. Nyatakan perbandingan berikut dalam bentuk yang paling sederhana

a. 2 ½ : 1¼

b. 400 cm³ : 1 l

 

 

perbandingan1

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Harga telur Rp 10.000,00 per kg. Saat ini harga telur naik 6 : 5 dari harga semula. Berapakah harga telur per kg sekarang?

Penyelesaian :

Harga telur setelah naik : harga telur semula = 6 : 5

harga telur setelah naik = 6/5 x RP 10.000,00

= Rp 12.000,00

 

Itulah penjelasan mengenai perbandingan dua besaran sejenis, yang mudah-mudahan dapat teman-teman pahami tanpa kesulitan. Dan dengan penjelasan serta contoh soal yang telah dijabarkan diharapkan teman-teman tidak merasa kesulitan lagi ketika mengerjakan berbagai variasi soal yang berhubungan dengan perbandingan. Diartikel selanjutnya akan saya bahas lagi mengenai perbandingan secara lebih luas. Agar pengetahuan kita selalu bertambah, karena dengan belajar  dan mempraktekan teruslah kita akan menjadi mahir.

selamat belajar dan semoga bermanfaat… see you

advertisements
tags: , , , ,

Related For Cara Mudah Menyelesaikan Perbandingan Dua Besaran Sejenis