Memahami dengan Mudah Operasi Hitung Pada Pecahan

Thursday, July 11th 2013. | Operasi Hitung Pada Pecahan
advertisements

Akhirnya dapat update lagi, kali ini rumus matematika akan membahas operasi hitung pada pecahan. Teman-teman pasti dudah tahu apa itu pecahan, pecahan terdiri dari pembilang dan penyebut. Pada dasarnya dalam mengerjakan operasi pecahan bagaimana kita menyederhanakan pembilang dan penyebut untuk memudahkan angka aritmatika sehingga tidak didapat hasil yang terlalu besar tetapi dengan nilai yang sama.

pecahan

1. Operasi penjumlahan Pecahan

Dalam operasi penjumlahan pecahan selain harus disederhanakan juga penyebutnya harus disamakan dengan bilangan yang sama. perhatikan contoh berikut :

adversitemens

opearsi penjmlhn pecahn

2. Operasi Pengurangan Pecahan

Seperti halnya penjumlahan dalam pengurangan pecahan selain harus disederhanakan juga penyebutnya harus disamakan dengan bilangan yang sama. Perhatikan contoh berikut :

pengurangan pecahan

3. Operasi Perkalian Pecahan

Dalam operasi perkalian pada pecahan caranya dengan mengalikan pembilang dengan pembilang dan penyebut dengan penyebut. Perhatikan contoh berikut :

perkalian pchan

4. Operasi Pembagian Pada Pecahan

Dalam operasi pembagian pecahan pecahan yang di sebelah kanan dibalikkan, setelah dibalikkan, tanda : diubah menjadi tanda kali (X), untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut :

pembagian pchan

 

5. Operasi Campuran dalam pecahan

Ketika kita mengerjakan operasi campuran dalam pecahan maka operasi perkalian dan pembagian kita kerjakan terlebih dahulu selanjutnya yang lain mengikuti, jika terdapat tanda kurung dalam soal maka kerjakan dulu yang berada dalam tanda kurung. Perhatikan contoh berikut.

operasi campuran pchan

Sekian informasi tentang Operasi Pecahan Hitung Pada Pecahan, semoga dapat bermanfaat, dan jangan lupa baca juga Bilangan Cacah dan operasinya yang telah diupdate sebelumnya.

advertisements
tags: , , , ,

Related For Memahami dengan Mudah Operasi Hitung Pada Pecahan