Menyelesaikan Masalah Sehari-hari dengan Menggunakan Teorema Pythagoras

Tuesday, December 13th 2016. | Rumus Pythagoras
advertisements

Banyak sekali permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam soal cerita dan dapat diselesaikan dengan menggunakan teorema pythagoras. Rumus Matematika kali ini akan membahas mengenai cara menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menggunakan teorema pythagoras, sehingga jika temen-temen menemukan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang dapat diselesaikan menggunakan teorema pythagoras sudah tidak akan kesulitan lagi.

Menyelesaikan Masalah Sehari-hari dengan Menggunakan Teorema Pythagoras

4-6

Biasanya untuk memudahkan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menggunakan teorema pythagoras diperlukan bantuan gambar ( sketsa ). Dengan adanya bantuan gambar akan memudahkan kita dalam memahami konsep serta dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Perhatikan contoh kasus berikut.

adversitemens

contoh 1.

Seorang anak menaikkan layang-layang dengan benang yang panjangnya 100 meter. Jarak anak ditanah terhadap titik yang tepat berada dibawah layang-layang adalah 60 meter. Hitunglah berapa ketinggian layang-layang ?

Penyelesaian :

4-6

Berdasarkan sketsa diatas

Tinggi layang-layang = BC

BC = √(AC²-AB²)

BC = √(100²-60²)

BC = √(10.000-3600)

BC = √(6400)

BC = 80 meter

Jadi tinggi layang-layang adalah 80 meter.

 

contoh 2.

Sebuah kapal berlayar ke arah timur sejauh 150 km, selanjutnya kearah selatan sejauh 200 km. Hitunglah jarak kapal sekarang dari tempat semula ?

Penyelesaian :

4-6

Berdasarkan gambar diatas maka untuk menghitung jarak kapal sekarang dari tempat semula sebagai berikut :

Jarak kapal ketempat semula = AC

AC = √(AB²+BC²)

AC = √(150²+200²)

AC = √(22500+40000)

AC = √(62500)

AC = 250 km

Jadi jarak kapal sekarang dari tempat semula adalah 250 km.

Itu beberapa contoh kasus yang dapat diselesaikan menggunakan teorema pythagoras, dan selain contoh kasus diatas masih banyak sekali permasalahan yang dapat diselesaikan menggunakan teorema pythagoras. Temen-temen akan menemukan banyak hal yang penyelesaiannya dapat menggunakan teorema pythagoras. Jadi jika temen-temen sudah paham tentang teorema pythagoras, serta membuat skesta dari sebuah permasalahan agar lebih mudah dipahami dan lebih mudah diselesaikan, temen-temen tidak akan kesulitan dalam menyelesaikan permasalah yang berhubungan dengan teorema pythagoras. Intinya pahami soalnya, lalu buat skestanya sesuai dengan maksud dari soal tersebut dan selesaikan dengan teorema pythagoras. Agar lebih paham sering-seringlah mengerjakan contoh soal, karena dengan semakin sering kita mengerjakan soal maka kita akan semakin paham dan akan semakin merasa mudah mengerjakan berbagai variasi soal. Jangan lupa baca juga artikel sebelummnya mengenai contoh soal teorema pythagoras dan penyelesaiannya.

 

 

 

advertisements
tags: , , ,

Related For Menyelesaikan Masalah Sehari-hari dengan Menggunakan Teorema Pythagoras