Mengenal Segitiga Kongruen

Wednesday, August 23rd 2017. | Bangun Datar
advertisements

Segitiga kongruen merupakan hal yang harus kita pahami ketika sedang belajar matematika, karena pasti dipelajari dalam sub bab matematika. Oleh karena itu Rumus Matematika kali ini akan membahas mengenai segitiga kongruen, agar temen-temen mudah memahami mana segitiga-segitiga yang termasuk dalam segitiga kongruen.

Mengenal Segitiga Kongruen

Segitiga yang kongruen merupakan segitiga yang memiliki bentuk dan ukuran yang sama. Perhatikan gambar dibawah ini.

4.5

Gambar diatas menunjukan susunan dari banyak segitiga yang saling berhimpitan. Jika kita melakukan perputaran ataupun pergeseran pada salah satu segitiga dengan memilih segitiga secara acak maka segitiga yang lain akan menempati posisi segitiga yang digeser tersebut. Dengan melihat hal tersebut maka dapat kita ambil kesimpulan jika segitiga-segita tersebut memiliki bentuk yang sama atau sebangun serta memiliki ukuran yang sama. Itulah contoh segitiga-segitiga kongruen.

adversitemens

Sifat – sifat dua segitiga yang kongruen

Dua buah segitiga yang kongruen memiliki bentuk dan ukuran yang sama sehingga ketika dihimpitkan akan menutupi tepat satu sama lainnya. Kita dapat mengatakan jika dua buah segitiga tersebut kongruen jika memenuhi sifat – sifat sebagai berikut :

  • Sisi – sisi yang bersesuaian sama panjang.
  • Sudut – sudut yang bersesuaian sama besar.

Perhatikan contoh berikut :

4.5

Berdasarkan gambar diatas dapat dilihat bahwa :

sisi – sisi yang bersesuaian sama panjang, yaitu :

PQ = QR , QT = RS , QS = PT

sudut – sudut yang bersesuaian sama besar, yaitu :

∠TPQ = ∠SQR , ∠PQT = ∠QRS , ∠PTQ = ∠QSR

 

Syarat dua segitiga kongruen

Dua buah segitiga dikatakan kongruen jika memenuhi salah satu dari tiga syarat dibawah berikut ini

  • Ketiga pasang sisi yang bersesuaian sama panjang (sisi,sisi,sisi).
  • Dua sisi yang bersesuaian sama panjang serta sudut yang dibentuk oleh kedua sisi tersebut sama besar (sisi, sudut, sisi).
  • Dua buah sudut yang bersesuaian sama besar serta sisi yang menghubungkan kedua titik sudut tersebut sama panjang (sudut, sisi, sudut).

 

Itulah paparan mengenai mengenal segitiga kongruen, setelah membaca artikel ini diharapkan temen-temen sudah kenal betul mengenai segitiga-segitiga kongruen sehingga tidak akan salah menebak ketika bertemu dengan soal mengenai segitiga kongruen. Jangan lupa baca juga artikel sebelumnya mengenai Mengenal Pangkat Tak Sebenarnya.

advertisements
tags: , , , ,

Related For Mengenal Segitiga Kongruen