Mengenal Lingkaran dan Bagian-bagiannya

Tuesday, December 13th 2016. | Bangun Datar
advertisements

Setiap harinya kita sering melihat benda-benda yang tepinya berbentuk lingkaran, seperti ban sepeda, ban mobil, uang koin, jam weker, dll. Rumus Matematika kali ini akan membahas mengenai lingkaran beserta bagian-bagiannya, jadi kita akan semakin paham tentang lingkaran.

Mengenal Lingkaran dan Bagian-bagiannya

Lingkaran merupakan kurva tertutup sederhana yang merupakan tempat kedudukan titik-titik yang berjarak sama terhadap suatu titik tertentu. Ruas garis yang sama tersebut disebut jari-jari lingkaran, sedangkan titik tertentu disebut pusat lingkaran.

4-6

Gambar diatas menunjukan titik A, B, C dan D yang terletak pada kurva tertutup sederhana sedemikian sehingga OA=OB=OC=OD = jari-jari lingkaran (r). Sedangkan titik O disebut pusat lingkaran. Perhatikan gambar dibawah ini.

adversitemens

4-6

Berdasarkan gambar diatas, panjang garis lengkung yang tercetak tebal yang berbentuk lingkaran tersebut disebut keliling lingkaran. Sedangkan daerah arsiran didalamnya disebut bidang lingkaran atau daerah lingkaran. Selanjutnya kita akan belajar bagian-bagian dari lingkaran.

4-6

Perhatikan gambar diatas, berdasarkan gambar tersebut kita akan lebih mudah memahami unsur-unsur lingkaran.

  • Titik O disebut titik pusat lingkaran.
  • OA, OB, OC serta OD disebut jari-jari lingkaran yaitu ruas garis yang menghubungkan titik pusat lingkaran dan titik pada keliling lingkaran.
  • AB disebut garis tengah atau diameter, yaitu ruas garis yang menghubungkan dua titik pada keliling lingkaran dan melalui pusat lingkaran. Karena diameter AB = AO + OB, dimana AO = OB = jari-jari (r) lingkaran, sehingga diameter (d) = 2 × jari-jari (r)  atau d = 2r.
  • AC disebut tali busur yaitu ruas garis yang menghubungkan dua titik pada keliling lingkaran.
  • OE ⊥ tali busur BD dan OF ⊥ tali busur AC disebut apotema, yaitu ruas garis terpendek antara tali busur dan pusat lingkaran.
  • Garis lengkung AC, BC, dan AB disebut busur lingkaran, yaitu bagian dari keliling lingkaran. Busur terbagi menjadi dua yaitu busur besar dan busur kecil.
  1. 4-6Busur kecil / pendek merupakan busur AB yang panjangnya kurang dari setengah keliling lingkaran.
  2. Busur besar / panjang merupakan busur AB yang lebih dari setengah keliling lingkaran.
  • Daerah yang dibatasi oleh dua jari-jari, OC dan OB serta busur BC disebut juring atau sektor. Juring terbagi menjadi dua yaitu juring besar dan juring kecil, perhatikan gambar dibawah ini.

4-6

  • Daerah yang dibatasi oleh tali busur AC dan busurnya disebut tembereng. Perhatikan gambar dibawah ini, berdasarkan gambar tersebut terlihat bahwa terdapat tembereng kecil dan tembereng besar.

4-6

 

Itulah penjelasan lengkap mengenai arti dari lingkaran beserta bagian-bagiannya, diharapkan temen-temen sekarang sudah semakin paham mengenai lingkaran dan bagian-bagiannya dan temen-temen dapat menjelaskan secara detail bagian-bagian dari lingkaran. Jangan lupa temen-temen pelajari juga yaa artikel sebelumnya mengenai menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menggunakan teorema pythagoras.

selamat belajar……

advertisements
tags: , , , ,

Related For Mengenal Lingkaran dan Bagian-bagiannya