Memahami Pembagian Pecahan

Thursday, July 26th 2018. | Bilangan
advertisements

Pembagian merupakan hal yang tidak asing lagi bagi temen-temen, karena merupakan matematika dasar yang harus sekali temen-temen paham mengenai hal ini. Rumus Matematika kali ini akan mengulas pembagian pecahan biasa, pecahan campuran serta desimal. Mari langsung saja kita simak bersama ulasan materinya.

Memahami Pembagian Pecahan

Pembagian Pecahan Biasa, Campuran Serta Desimal

Pecahan merupakan bilangan yang dapat dibentuk a/b, dimana b≠0. Dimana dalam hal ini a biasa disebut sebagai pembilang dan b disebut sebagai penyebut. Ketika kita membagikan pecahan terdapat ketentuan yang berbeda dari bilangan bulat, dalam pembagian pecahan kita juga menggunakan operasi perkalian pecahan. Berikut ini rumus dasar pembagian pecahan : Berdasarkan rumus diatas, ketika kita akan membagikan pecahan maka kita juga harus memahami konsep perkalian pecahan.

adversitemens

Pembagian Pecahan Biasa

Dalam membagikan pecahan biasa dengan pecahan biasa maka cukup dengan rumus dasar pembagian diatas. contoh : Penyelesaian : Pertama kita balik pecahan pembagi, selanjutnya operasi bagi berubah menjadi operasi perkalian.

2/7 × 7/1 = 14/7 = 2

Operasi perkalian tinggal kita kalikan pembilang dan pembilang serta penyebut dan penyebut sehingga di dapat 14/7 yang masih dapat kita sederhanakan menjadi 2.

Temen-temen masih ingat kan yaa konsep menyederhanakan pecahan? yaitu dengan membagi pembilang dan penyebutnya dengan bilangan yang sama seperti kasus diatas 14:7 = 2 dan 7:7 = 1 sehingga didapat hasil 2/1 dan  biasanya persatu tidak dituliskan sehingga kita cukup menuliskan 2.

Pembagian Pecahan Campuran

Pecahan campuran merupakan pecahan yang terdiri dari bilangan bulat dan bilangan pecahan. Kunci dalam membagikan pecahan campuran yaitu dengan mengubah pecahan campuran tersebut menjadi pecahan biasa. Sehingga setelah menjadi pecahan biasa kita dapat membaginya seperti rumus dasar pembagian pecahan diatas. contoh :

Penyelesaian :

Langkah pertama kita ubah dahulu pecahan campuran menjadi pecahan biasa yaitu dengan mengalikan penyebut dengan bilangan bulat kemudian ditambah pembilangnya. Hasilnya diletakan sebagai pembilang serta penyebutnya tetap.

Setelah itu kita langsung bagikan saja

13/2 : 10/3 = 13/2 × 3/10 = 39/20

Pembagian Pecahan Desimal

Pecahan desimal merupakan pecahan dengan penyebut 10, 100, 1000, dan seterusnya. Dimana penyebut diidentifikasikan dengan jumlah angka dibelakang koma. Misalnya terdapat 1 angka dibelakang koma berarti penyebutnya 10, jika terdapat 2 bilangan dibelakang koma maka penyebutnya 100 dan jika terdapat 3 angka dibelakang koma maka penyebutnya 1000. Perhatikan contoh bilangan desimal berikut.

contoh pembagian pecahan desimal.

Tentukan hasil dari 0,66 : 0,02 ?

Penyelesaian :

Jadikan pecahan desimel tersebut menjadi pecahan biasa

0,66 = 66/100 = 33/50

0,02 = 2/100 = 1/50

setelah menjadi pecahan biasa kita dapat langsung operasikan pembagiannya

33/50 : 1/50 = 33/50 × 50/1 = 33

 

Demikianlah materi memahami pembagian pecahan, semoga dapat bermanfaat dalam membantu temen-temen belajar matematika. Jangan lupa temen-temen baca juga artikel sebelumnya mengenai apa itu teorema sisa ?

advertisements
tags: , , , , ,

Related For Memahami Pembagian Pecahan