Materi Lengkap Satuan Panjang

Wednesday, November 8th 2017. | satuan ukuran jumlah
advertisements

Satuan panjang adalah salah satu satuan penting dalam Matematika, oleh karenanya Rumus Matematika kali ini akan mengulas mengenai satuan panjang. Dimana dalam artikel sebelumnya kita telah mengulas mengenai apa itu sudut istimewa. Nah mari langsung saja kita simak ulasan materi lengkap satuan panjang berikut ini.

Materi Lengkap Satuan Panjang

Setiap satuan panjang baik turunan maupun bukan dapat dikonversikan terhadap satuan panjang lainnya. Untuk mengawali pembahasan satuan panjang mari kita bahas bersama dahulu satuan SI, tangga konversi, satuan lain.

Satuan SI dan Turunannya

Satuan panjang dalam sistem internasional yaitu meter. Satuan internasional merupakan satuan yang menjadi satuan umum serta telah mendapat persetujuan internasional. Meter sendiri memiliki definisi jarak yang ditempuh cahaya dari ruang hampa selama sepersekian detik. Dimana simbol dari meter yaitu m, sedangkan turunannya yang termasuk dalm sistem cgs adalah centimeter. Turunan dari meter termasuk juga km, hm, dam, cm serta mm.

adversitemens

Tangga Konversi Pengukuran Satuan Panjang

4.9

Tangga konversi diatas digunakan untuk memudahkan kita mengkonversikan antar satuan panjang. Terdapat 7 satuan dari ukuran besar hingga kecil, dimana setiap turun satu tangga kita kalikan 10 dan setiap naik satu tangga kita bagi dengan 10.

Perhatikan contoh berikut ini .

1 km = 100 dam

1 m = 1000 mm

1000 dm = 10 dam

1 cm = 0,01 m

Satuan Lain Untuk Panjang

Ada satuan lain untuk mendefinisikan panjang selain satuan internasional beserta turunanya yaitu mil, yard, inci, dan feet (kaki). Amerika serta Inggris menjadi negara yang paling sering menggunakan satuan tersebut untuk mengukur panjang.

Mil dalam bahasa Inggris ditulisĀ  mile yang merupakan satuan untuk definisi jarak serta panjang di Inggris. Setiap 1 Mil = 1609,344 meter = 5280 kaki = 1760 yard.

Yard yang sering juga ditulis sebagai yd. Seperti halnya mile, yard ini merupakan satuan unit panjang yang juga digunakan oleh Inggris bahkan sejak jaman kekaisaran Inggris. Selain Inggris, Amerika juga sering menggunakan satuan yard ini. Setiap 1 yard = 0, 9144 meter = 3 feet.

Inchi atau inci yang biasa disingkat dengan in dan biasa dinyatakan dengan tanda ” setelah angka didepannya. Unit inci diambil dari bahasa romawi “uncia”. Kerajaan Inggris serta Amerika adalah 2 negara yang menggunakan unit ini dalam pengukurannya. Setiap 1 inci = 2,54 cm = 1/12 kaki.

Yang terakhir yaitu feet dengan ejaan bentuk tunggalnya yaitu foot. Seperti halnya satuan sebelumnya, satuan ini juga digunakan oleh Inggris dan Amerika. Setiap 1 kaki = 0,3048 meter yang disepakati secara internasional sejak 1959.

Diharapkan temen-temen sudah makin paham mengenai materi satuan panjang ini, dan temen-temen juga dapat mengkonversikan satuan panjang – satuan panjang diatas. Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar.

 

advertisements
tags: , , , , ,

Related For Materi Lengkap Satuan Panjang