Materi Inti Kesebangunan dan Kekongruenan

Saturday, July 22nd 2017. | Bangun Datar
advertisements

Kesebangunan merupakan materi matematika ketika kita duduk dibangku SLTP, secara tepatnya SMP kelas 9. Materi matematika pertama yang akan kita bahas sekarang ini akan semakin mudah temen-temen pahami jika temen-temen sudah suka dengan pelajaran matematika. Dengan demikian, untuk menumbuhkan rasa suka terhadapat pelajaran matematika, Rumus Matematika selalu berusaha memberikan berbagai materi beserta solusi pemahaman soalnya. Langsung saja mari kita bahas bersama materi kesebangunan berikut ini.

Materi Inti Kesebangunan dan Kekongruenan

Kesebangunan

Ketika mendengar kata sebangun, apa yang ada dalam pikiran temen-temen? Temen-temen pastinya dirumah memiliki foto ketika sedang rekreasi misalnya, atau ketika sedang ada acara keluarga. Nah foto tersebut terkadang ingin temen-temen perbesar untuk dipajang pada bingkai foto ataupun diperkecil agar dapat masuk dalam dompet. Foto dalam kejadian ini yang dapat diperbesar ataupun diperkecil merupakan contoh kesebangunan karena walaupun foto tersebut sudah menjadi lebih besar ataupun lebih kecil tetapi dengan perbandingan ukuran yang sama.

Jadi dua atau lebih bangun dikatakan sebangun jika memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :

  • Panjang sisi-sisi yang bersesuaian pada bangun bangun tersebut memiliki perbandingan yang senilai.
  • Sudut – sudut yang bersesuaian pada bangun-bangun tersebut sama besar.

Kesebangunan Pada Segitiga

Berbeda dengan bangun datar yang lain, syarat-syarat untuk membuktikan kesebanguna pada segitiga memiliki keistimewaan. Unsur-unsur yang harus dipenuhi syaratnya untuk membuktikan kesebangunan pada segitiga adalah sebagai berikut.

adversitemens
  • Perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian sama. (s,s,s)
  • Sudut-sudut yang bersesuaian sama besar. (sd,sd,sd)
  • Dua sisi yang bersesuaian memiliki perbandingan yang sama dan sudut bersesuaian yang diapit sama besar. (s,sd,s)

Dalam menghitung salah satu sisi segitiga yang belum diketahui dari dua segitiga sebangun kita dapat menggunakan cara sebagai berikut.

4.6

4.5

 

Kekongruenan

4.6

Ketika kita memperhatikan lantai rumah kita, terdapat ubin-ubin yang dipasang dilantai dengan bentuk dan ukuran yang sama. Pada matematika, dua buah benda atau lebih yang memiliki bentuk dan ukuran sama disebut benda-benda yang kongruen. Sekarang pastinya temen-temen sudah bisa menyebutkan contoh lain dari benda yang kongruen.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa dua bangun atau lebih dikatakan kongruen jika bangun – bangun tersebut memiliki bentuk dan ukuran yang sama serta sudut-sudut yang bersesuaian sama besar.

Kekongruenan Segitiga

Pada segitiga terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi agar dua buah segitiga dikatakan kongruen, yaitu :

  • Ketiga pasang sisi yang bersesuaian sama panjang. (s,s,s)
  • Dua pasang sisi yang bersesuaian sama panjang serta satu sudut yang diapit sama besar. (s,sd,s)
  • Dua sudut yang bersesuaian sama besar serta satu sisi yang bersesuaian sama panjang. (sd,sd,s)

 

Semoga setelah membaca materi inti dari kesebangunan dan kekongruenan ini, temen-temen sudah paham apa yang dimaksud dengan kesebangunan dan kekongruenan, dapat menyebutkan contoh dari kesebangunan dan kekongruenan serta dapat menyelesaikan soal kesebangunan dan kekongruenan. Agar lebih ahli dalam kesebangunan serta kekongruenan baca juga artikel mengenai soal-soal kesebangunan dan kekongruenan. Semoga bermanfaat dan selamat belajar.

advertisements
tags: , , , , ,

Related For Materi Inti Kesebangunan dan Kekongruenan