Belajar Konversi Satuan Luas Secara Efektif

Saturday, November 18th 2017. | satuan ukuran jumlah
advertisements

Satuan luas merupakan salah satu satuan yang dipelajari dalam matematika. Apa saja satuan luas dan bagaimana kita mengkonversikan satuan tersebut akan kita bahas dalam artikel kali ini. Dimana sebelumnya Rumus Matematika telah membahas mengenai mengenal konversi satuan waktu.

Belajar Konversi Satuan Luas Secara Efektif

Satuan luas sering kali diakhiri menggunakan kata persegi. Persegi biasa dituliskan dengan pangkat 2. Meter persegi merupakan satuan luas yang paling umum digunakan. Agar lebih jelasnya, perhatikan tangga satuan luas berikut ini.

Berdasarkan tangga satuan luas diatas, setiap turun satu tangga kita kalikan dengan 100, jadi jika turun dua tangga kita kalikan dengan 10000. Selanjutnya jika naik tangga bagaimana? Setiap naik satu tangga dibagi dengan 100, maka apabila naik 3 tangga kita bagi dengan 1000000. Lalu bagaimana dalam membaca seriap satuan luas dalam tangga sataun luas diatas?

adversitemens

km² = kilometer persegi

hm² = hektometer persegi

dam² = dekameter persegi

m² = meter persegi

dm² = desimeter persegi

cm² = sentimeter persegi

mm² = milimeter persegi

Satuan luas ini juga dapat kita konversikan. Perhatikan contoh konversi satuan luas berikut ini.

10000 m² =  1 hm²

5 km² = 500.000.000 dm²

1000 dam² = 10 hm²

1000000 mm² = 1 m²

Selain menggunakan meter persegi, satuan luas yang juga sering digunakan yaitu hektar, dimana 1 hektar = 10.000 meter persegi. Luas perkebunan, sawah, tanah, ataupun bangunan juga selain menggunakan meter persegi biasanya menggunakan satuan hektar.

Jadi mudah sekali bukan belajar satuan luas secara efektif ini, diharapkan temen-temen juga dapat dengan mudah mengkonversikan satuan luas, dan dapat mengerjakan sola yang berhubungan dengan satuan luas tanpa mengalami kesulitan.

Semoga Bermanfaat

 

advertisements
tags: , , , , ,

Related For Belajar Konversi Satuan Luas Secara Efektif