Penjelasan Lengkap Kedudukan Dua Garis

Saturday, September 12th 2015. | Garis dan Sudut
advertisements

Garis adalah bangun paling sederhana dalam geometri, karena garis adalah bangun berdimensi satu. Perhatikan garis dibawah ini, diantara titik A dan titik B dapat dibuat satu garis lurus AB. Diantara dua titik pasti dapat ditarik satu garis lurus.

A _______________________________B

Kali ini kita akan membahas mengenai kedudukan dua garis.

1. Dua Garis Sejajar

adversitemens

Pernahkah temen-temen memperhatikan rel atau lintasan kereta api? Jika kita memperhatikan lintasan kereta api tersebut, jarak antara dua rel akan selalu tetap (sama) dan tidak akan pernah saling berpotongan antara satu dengan yang lainnya. Apa yang akan terjadi jika jaraknya berubah? apakah akan saling berpotongan?

__________________________________ l

__________________________________ m

Jika dua buah rel kereta api kita anggap sebagai dua garis maka dapat kita gambar seperti gambar diatas. Garis l dan garis m diatas jika diperpanjang sampai tak berhingga maka kedua garis tidak akan pernah saling berpotongan. Keadaan seperti ini dikatakan kedua garis sejajar. Dua garis sejajar dinotasikan sebagai “//”.

sehingga berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan dua garis atau lebih dikatakan sejajarapabila garis-garis tersebut terletak pada satu bidang datar dan tidak akan pernah bertemu atau berpotongan jika garis tersebut diperpanjang sampai tak berhingga.

 

2. Dua Garis Berpotongan

Untuk lebih memahami mengenai pengertian garis berpotongan, perhatikan gambar dibawah ini.

kubus

Gambar tersebut menunjukan gambar kubus ABCD.EFGH. Amatilah garis AB dan garis BC, tampak bahwa kedua garis tersebut saling berpotongan dititik B dimana keduanya terletak pada bidang ABCD. Dalam hal ini garis AB dan BC dikatakan saling berpotongan.

berdasarkan uraian diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa Dua garis dikatakan saling berpotongan apabila garis tersebut terletak pada satu bidang datar dan mempunyai satu titik potong.

 

3. Dua Garis Berimpit

A                                                                            B

____________________________

C                                                                              D

Pada gambar diatas menunjukan garis AB dan garis CD saling menutupi, sehingga hanya terlihat sebagai satu garis lurus. Dalam hal ini dikatakan kedudukan masing-masing garis AB dan CD terletak pada satu garis lurus. Kedudukan garis yang demikian dikatakan pasangan garis berimpit.

berdasarkan uraian diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa Dua garis dikatakan saling berimpit apabila garis tersebut terletak pada satu garis lurus, sehingga hanya terlihat sebagai satu garis lurus saja.

 

4. Dua Garis Bersilangan

Temen pastinya punya penghapus kan yaa, yang selalu dibawa setiap berangkat kesekolah. Apabila penghapus tadi kita anggap sebagai bentuk sebuah balok, maka dapat digambarkan sebagai berikut.

balok

Gambar diatas menunjukan gambar balok ABCD.EFGH, perhatikan garis AC dan garis HF. Tampak bahwa kedua garois tersebut tidak terletak pada satu bidang datar, garis AC terletak pada bidang ABCD sedangkan garis HF terletak pada bidang EFGH. selanjutnya apabila kedua garis tersebut, masing-masing diperpanjang maka kedua garis tidak akan pernah saling bertemu. Dengan kata lain, kedua garis tersebut tidak mempunyai titik potong. Kedudukan garis yang demikian dinamakan pasangan garis yang saling bersilangan.

Berdasarkan uraian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa dua garis dikatakan saling bersilangan apabila garis-garis tersebut tidak terletak pada satu bidang datar dan tidak akan berpotongan apabila diperpanjang.

Video Kedudukan Dua Garis


Demikianlah penjelasan mengenai Kedudukan dua garis, semoga dapat bermanfaat dan membantu dalam proses belajar temen-temen. Jangan lupa baca juga dipostingan rumus matematika sebelumnya mengenai gambar berskala.

 

advertisements
tags: , , , ,

Related For Penjelasan Lengkap Kedudukan Dua Garis