Hubungan antara Jarak, Waktu dan Kecepatan

Wednesday, January 25th 2017. | Matematika Sosial
advertisements

Kalo membahas mengenai jarak, waktu dan kecepatan pastinya sudah tidak asing lagi bagi temen-temen semua. Oleh karena itu Rumus Matematika kali ini mengambil tema ini karena memang akan sering sekali digunakan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kita akan mudah dalam menghitungnya jika kita telah paham betul akan hal ini.

Hubungan antara Jarak, Waktu dan Kecepatan

6

Kecepatan adalah besaran yang didapat dari jarak tempuh orang atau suatu benda yang dibagi dengan waktu yang dibutuhkan untuk menepuh jarak tersebut. Untuk mengukur kecepatan biasanya digunakan alat yang disebut spidometer, alat ini biasanya ada pada kendaraan baik motor, mobil atau kendaraan yang lainnya. Alat ini sangat berguna ketika kendaraan sedang melaju dijalan, karena kita dapat mengetahui berapa kecepatan yang sedang kita gunakan. Karena kecepatan merupakan hasil dari jarak dibagi waktu maka satuan kecepatan yaitu km/jam.

Jarak merupakan suatu angka yang menunjukan seberapa jauh sebuah benda berpindah posisi didalam lintasan tertentu. Satuan dari jarak sendiri biasanya meter, km, cm, dan lain sebagainya. Sedangkan waktu adalah ukuran atau interval durasi kejadian, dimana satuan dari waktu biasanya jam, menit, juga detik.

adversitemens

Maka jika dirumuskan secara matematika hubungan jarak, waktu dan kecepatan yaitu sebagai berikut.

kecepatan (v) = jarak (s) / waktu (t)

Agar semakin paham hubungan antara jarak, waktu dan juga kecepatan perhatikanlah contoh soal berikut.

contoh soal 1.

Jarak rumah bagas dengan sekolah yaitu 400 meter, jika setiap hari bagas berangkat mengendarai sepeda dan membutuhkan waktu 5 menit. Berapakah kecapatan sepeda bagas ke sekolah?

Penyelesaian :

Diketahui :

jarak (s) = 400 meter

waktu (t) = 5 menit

Ditanya : kecepatan (v) ?

Jawab :

v = s/t

v = 400 / 5

v = 80 meter/menit

jadi kecepatan sepeda yang dikendarai bagas setiap kali berangkat sekolah adalah 80 meter/menit.

 

contoh soal 2.

Ibu kepasar yang berjarak 90 kilometer dari rumah, dan ibu berangkat ke pasar pada pukul 06.00 pagi. Ibu mengendarai mobil dengan kecepatan 45 km/jam. Pada pukul berapa ibu sampai dipasar ?

Penyelesaian :

Diketahui :

jarak (s) = 90km

kecepatan (v) = 45 km/jam

jam berangkat = 06.00

Ditanya : waktu tiba dipasar ?

Jawab :

t = s/v

t = 90 /45

t = 2 jam

jadi ibu akan tiba dipasar pada pukul 6 + 2 = 8 → 08.00

 

contoh soal 3.

Nani mengendarai sepeda dengan kecepatan 160 meter / menit menuju ke rumah nenek, ia tiba dirumah nenek dalam waktu 20menit. Berapakah jarak rumah nenek?

Penyelesaian :

Diketahui :

kecepatan (v) = 160 meter/menit

waktu (t) = 20 menit

Ditanya : jarak (s) ?

Jawab :

s = v × t

s = 160 × 20

s = 3200 meter

Jadi jarak rumah nenek adalah 3200 meter.

 

Itulah penjelasan hubungan antara jarak, waktu dan kecepatan, mudah bukan memahami hubungan ini. Karena memang masih tergolong matematika dasar. Diharapkan temen-temen sudah tidak merasa kesulitan mengerjakan hubungan jarak, waktu dan kecepatan. Jangan lupa baca juga artikel sebelumnya mengenai satuan ukuran jumlah dalam matematika.

Selamat Belajar.

advertisements
tags: , , , ,

Related For Hubungan antara Jarak, Waktu dan Kecepatan