Definisi Bilangan Prima serta Faktorisasi Prima

Sunday, June 30th 2013. | Bilangan
advertisements

Bilangan prima merupakan bilangan asli yang lebih besar dari satu serta faktor pembaginya adalah satu dan bilangan itu sendiri.

bilangan primaYang termasuk dalam anggota bilangan prima yaitu {2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, 19, 23, 29, 31, 37, 41, 43, 47, …}. Dalam matematika tidak ada bilangan prima yang terbesar karena jumlah dari bilangan prima tak berhingga.

Sepertinya untuk definisi serta yang anggota bilangan prima sudah jelas, sehingga sekarang kita akan bahas tentang Faktorisasi Prima. Yang dimaksud dengan faktorisasi prima adalah pembentukan suatu bilangan ke dalam bentuk perkalian dimana faktornya merupakan bilangan prima.

Terdapat dua cara mencari faktorisasi prima, yaitu :

1. Menggunakan pohon faktor

Perhatikan contoh berikut ini

asehingga faktorisasi prima dari 30 adalah 2x3x5

bsehingga faktorisasi prima dari 864 adalah 2x2x2x2x2x3x3x3

2. Menggunakan pembagian bersusun

Perhatikan contoh berikut ini.

csehingga faktorisasi prima dari 30 yaitu 2x3x5

Hasilnya akan sama baik kita mencari menggunakan pohon faktor ataupun pembagian bersusun. Berdasarkan pengetahuan matematis sekarang, bilangan yang paling sulit difaktorisasi adalah bilangan semiprima yaitu bilangan yang merupakan hasil perkalian dua bilangan prima.

Sekian penjelasan tentang Definisi Bilangan Prima serta Faktorisasi Prima, semoga bermanfaat, baca juga artikel Arti Bilangan Asli dan Anggotanya.

advertisements
tags: , , ,

Related For Definisi Bilangan Prima serta Faktorisasi Prima