Berkenalan dengan Rusuk, Sisi serta Titik Sudut Balok dan Kubus

Wednesday, March 15th 2017. | Bangun Ruang
advertisements

Rumus Matematika kali ini akan menyajikan mengenai kubus dan balok, dan mempersempit tema dengan mengambil rusuk, sisi serta titik sudut. Karena ketiga hal dasar dari balok dan kubus ini merupakan hal yang sangat penting untuk temen-temen semua ketahui agar memudahkan temen-temen dalam mengerjakan berbagai variasi soal dari kubus dan balok. Mari langsung saja kita bahas bersama materinya.

Berkenalan dengan Rusuk, Sisi serta Titik Sudut Balok dan Kubus

Mari kita amati bangun-bangun berbentuk kubus dan juga balok. Permukaan kubus semuanya berbentuk persegi yang sama dan sebangun, masih ingat kan bentuk persegi itu seperti apa? Keempat rusuk persegi sama panjang. Jika kita kaitkan dengan bangun persegi panjang, persegi adalah bentuk khusus dari persegi panjang. Dikarenakan permukaan kubus berbentuk persegi-persegi yang sama dan juga sebangun, kita dapat mengatakan bahwa kubus merupakan bentuk khusus dari balok.

4.7

4.5

adversitemens

Perhatikanlah kubus ABCD.EFGH yang dibatasi oleh bidang ABCD, ABFE, BCGF, CDHG, ADHE serta EFGH. Bidang-bidang tersebut disebut sisi-sisi dari kubus ABCD.EFGH. Selanjutnya,  garis AB, BC, CD, AD, EF, FG, GH, EH, AE, BF, CG serta DH disebut sebagai rusuk-rusuk kubus ABCD.EFGH. Mari kita amati, bahwa setiap sisi kubus dibatasi oleh rusuk-rusuk.

Rusuk – rusuk AB, BC, CD serta AD disebut sebagai rusuk alas, sedangkan rusuk AE, BF, CG serta DH disebut sebagai rusuk tegak. Lalu titik-titik A, B, C, D, E, F, G, H disebut sebagai titik sudut kubus ABCD.EFGH.

Selanjutnya mari kita bandingan dengan balok PQRS.TUVW. Sama halnya seperti kubus pada balok mana yang disebut sisi, rusuk serta titik sudutpun sama. Setiap daerah persegi pada kubus serta persegi panjang pada balok disebut sebagai bidang atau sisi. Dan perpotongan dua buah daerah persegi pada kubus atau dua buah persegi panjang pada balok disebut rusuk. Sedangkan titik potong antara tiga buah ruduk disebut titik sudut. Antara sisi, rusuk serta titik sudut terdapat hubungan yang dapat digambarkan sebagai berikut.

S+T = R+2

dimana :

S = banyak sisi

T = banyak titik sudut

R = banyak rusuk

Rumus diatas biasa kita kenal sebagai teorema euler.

Demikianlah singkatnya berkenalan dengan rusuk, sisi serta titik sudut balok dan kubus. Karena seperti kata pepatah tak kenal maka tak sayang, jadi ketika kita sudah kenal dan paham nama-nama bagian dari bangun tersebut akan memudahkan kita dalam belajar matematika materi selanjutnya. Jangan lupa baca juga artikel sebelumnya mengenai Rumus Lengkap Panjang Jari-jari Lingkaran Luar Segitiga. Semoga bermanfaat dan selamat belajar..

advertisements
tags: , , , , ,

Related For Berkenalan dengan Rusuk, Sisi serta Titik Sudut Balok dan Kubus