Bagaimana Menghitung Perbandingan Berbalik Nilai

Friday, February 24th 2017. | Perbandingan
advertisements

Apakah temen-temen sudah pernah mendengar mengenai perbandingan berbalik nilai dalam matematika? Atau ada yang sama sekali belum pernah mendengar mengenai perbandingan berbalik nilai? Jadi rumus matematika kali ini akan membahas mengenai perbandingan berbalik nilai beserta contoh soalnya. Langsung saja yu kita simak bersama penjelasan mengenai perbandingan berbalik nilai.

Bagaimana Menghitung Perbandingan Berbalik Nilai

Perbandingan berbalik nilai adalah perbandingan dari dua buah nilai dari suatu besaran yang sejenis. Pada berbandingan berbalik nilai ini jika nilai suatu komnponen naik maka nilai komponen yang lainnya akan turun. Misalnya ketika temen-temen pergi ke sekolah dengan menggunakan sepeda, tentu saja waktu yang dibutuhkan untuk sampai di sekolah akan berbeda ketika mengayuh sepeda dengan cepat dibanding ketika temen-temen mengayuh sepeda secara lambat. Semakin cepat temen-temen mengayuh sepeda maka waktu yang akan dibutuhkan untuk sampai ke sekolah akan semakin sedikit, begitu juga jika temen-temen semakin lambat mengayuh sepeda maka waktu yang dibutuhkan untuk sampai kesekolah semakin lama. Perhatikanlah tabel berikut ini.

4.5

Berdasarkan tabel diatas, kita dapat melihat bahwa waktu tempuh untuk mencapai sekolah dari rumah yang berjarak 120km apabila temen-temen mengayuh sepeda dengan kecepatan 60 km/jam maka temen-temen hanya akan membutuhkan waktu 2 jam saja. Akan tetapi, jika temen-temen mengayuh sepeda dengan kecepatan 30km/jam maka temen-temen akan sampai kesekolah lebih lama, yaitu 4 jam. Ini berarti jika kecepatan rata-rata naik maka waktu tempuhnya akan turun. Contoh kasus seperti inilah yang disebut perbandingan berbalik nilai, yaitu ketika suatu komponen dinaikan maka komponen lainnya akan turun.

adversitemens

Secara umum rumus perbandingan berbalik nilai yaitu sebagai berikut :

4.5

Agar lebih jelas bagaimana penggunaan rumus perbandingan berbalik nilai tersebut, perhatikanlah beberapa contoh soal berikut.

contoh soal 1.

Pak Adi mempunya 5 buah mesin cetak, dan 5 buah mesin ini dapat menyelesaikan pembuatan poster dalam waktu 40 menit. Jika Pak Adi menambahkan 3 mesin lagi sehingga jumlah mesin pak Adi ada 8 buah. Berapakah waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembuat poster dengan 8 buah mesin?

Penyelesaian :

Diket :

jumlah mesin (a1) = 5 buah

waktu yang dibutuhkan (b1) = 40 menit

jumlah mesin (a2) = 8 buah

Dit : waktu yang dibutuhkan (b2) ?

Jawab :

a1/b2 = a2/b1

5/b2 = 8/40

8×b2 = 5×40

8b2 = 200

b2 = 200/8

b2 = 25

jadi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaiakn poster dengan menggunakan 8 buah mesin yaitu 25 menit.

 

contoh soal 2.

Sebuah pembangunan rumah dapat selesai dalam 60 hari ketika dikerjakan oleh 30 orang pekerja. Jika rumah tersebut harus selesai dalam waktu 15 hari, berapakah pekerja yang dibutuhkan ?

Penyelesaian :

Diket :

jumlah pekerja (a1) = 30 orang

waktu penyelesaian (b1) = 60 hari

waktu penyelesaian (b2) = 15 hari

Dit : jumlah pekerja (a2)?

Jawab :

a1/b2 = a2/b1

30/15 = a2/60

15×a2 = 30×60

15 a2 = 1800

a2 = 1800/15

a2 = 120

Jadi agar rumah tersebut selesai dalam waktu 15 hari maka pekerja yang dibutuhkan sebanyak 120 orang.

 

Demikianlah pembahasan mengenai perbandingan berbalik nilai, semoga temen-temen kini sudah paham mengenai materi ini. Karena materi ini masih tergolong materi sederhana, jadi masih mudah untuk dipahami. Jangan lupa baca artikel sebelumnya mengenai Kisaran Nilai Peluang Beserta Contoh Soalnya untuk menambah pengetahuan temen-temen. Semoga Bermanfaat.

Selamat Belajar

advertisements
tags: , , ,

Related For Bagaimana Menghitung Perbandingan Berbalik Nilai