Bagaimana Cara Menyajikan Suatu Relasi

Thursday, September 22nd 2016. | Fungsi
advertisements

Rumus Matematika dalam kesempatan kali ini akan membahas mengenai bagaimana cara menyajikan suatu relasi, apa itu relasi dan bagaimana kita menyajikan akan kita ulas bersama. Relasi atau hubungan akan lebih mudah kita pahami dengan melihat contoh kasus berikut ini. Ada sekumpulan siswa bernama adi, ani, dan ita akan membeli jajan ketika waktu istirahat, mereka bersama-sama menuju kantin sekolah. Adi membeli es teh, ani membeli es jeruk dan ita membeli es krim. Nah antara sekumpulan siswa tadi beserta jajanan es teh, es jeruk dan es krim ada sebuah relasi atau hubungan yaitu dihubungkan dengan kata membeli.

Jadi dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan Relasi dari himpunan A ke himpunan B merupakan hubungan yang memasangkan anggota-anggota himpunan A dengan anggota-anggota himpunan B. Selanjutnya akan kita bahas bagaimana cara menyajikan suatu relasi.

Cara Menyajikan Suatu Relasi

8 Dalam menyajikan suatu relasi kita dapat menyatakannya dengan tiga cara yaitu pertama menggunakan diagram panah, kedua menggunakan diagram cartesius dan yang ketiga menggunakan himpunan pasangan berurutan. Mari kita bahas satu-satu cara penyajiannya agar temen-temen semakin paham ketika harus menyajikan suatu himpunan.

a. Diagram Panah 8 Perhatikan gambar diatas, gambar diatas menunjukan suatu relasi pelajaran yang disukai dari sebuah himpunan A ke himpunan B. Dimana arah panah menunjukan anggota-anggota himpunan A yang berelasi dengan anggota-anggota tertentu dari himpunan B.  

adversitemens

 

b. Diagram Cartesius Relasi pada contoh kasus diagram panah diatas juga dapat kita nyatakan menggunakan diagram cartesius. Dimana anggota-anggota dari himpunan A  berada pada sumbu mendatar sedangkan anggota-anggota dari himpunan B berada pada sumbu tegak. Selanjutnya setiap pasangan anggota himpunan A yang berelasi dengan anggota himpunan B kita nyatakan menggunakan titik atau noktah. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut. 8    

 

c. Himpunan Pasangan Berurutan Selain menggunakan cara diagram panah dan diagram cartesius yang telah dijelaskan diatas, kita juga dapat menyatakan sebuah relasi menggunakan himpunan pasangan berurutan. Berdasarkan contoh kasus sebelumnya yaitu relasi pelajaran yang disukai dari himpunan A ke himpunan B jika kita nyatakan sebagai pasangan berurutan maka menjadi seperti berikut ini. {(Buyung, IPS), (Buyung, kesenian), (Doni, keterampilan), (Doni, olahraga), (Vita, IPA), (Putri, matematika), (Putri, bahasa Inggris)}.  

 

Itulah temen-temen bagaimana cara menyatakan suatu relasi, mudah sekali bukan. Jadi sekarang temen-temen sudah tidak kesulitan lagi jika harus menyajikan sebuah relasi sesuai permintaan soal, baik menggunakan diagram panah, diagram cartesius ataupun menggunakan himpunan pasangan berurutan. Jangan lupa baca juga artikel sebelumnya yang membahas mengenai bagaimana menyelesaikan operasi pecahan bentuk aljabar.

Selamat belajar.

advertisements
tags: , , , , ,

Related For Bagaimana Cara Menyajikan Suatu Relasi