Apa Itu Pola Bilangan Matematika ?

Thursday, March 2nd 2017. | Aljabar
advertisements

Pasti banyak dari temen-temen yang bertanya-tanya apa itu pola bilangan matematika? biar temen-temen ga penasaran kita akan bahas pola bilangan matematika dalam artikel kali ini. Pola bilangan matematika merupakan susunan dari beberapa angka yang dapat membentuk pola tertentu. Pola seperti apa yang dimaksud akan kita kupas bersama, sehingga tidak akan ada lagi pertanyaan dibenak temen-temen mengenai pola bilangan matematika.

Apa Itu Pola Bilangan Matematika ?

Temen-temen sebelumnya pernah mempelajari beragam jenis himpunan bilangan bukan? nah dari himpunan-himpunan bilangan tersebut kita dapat membuat susunan bilangan. Perhatikanlah gambar kalender dibawah ini, kalender tersebut berisikan tanggal-tanggal yang tersusun dari himpunan bilangan asli yang dimulai dari angka 1 hingga angka 31.

4.5

Berdasarkan kalender diatas, dari tanggal-tanggal yang tertera kita dapat membentuk susunan bilangan, sebagai contoh tanggal minggu pertama pada kalender tersebut yang terdiri atas angka 1, 2, 3, 4, 5. Angka-angka pada minggu pertama tersebut membentuk himpunan bilangan asli yang kurang dari 6. Itu hanyalah salah satu contoh pola bilangan yang ada dalam pelajaran matematika, untuk pengetahuan lebih lanjut mari kita simak penjabaran dari Rumus Matematika dibawah ini.

adversitemens

Macam-macam Pola Bilangan Matematika

Pola Bilangan Genap

Kumpulan bilangan 2, 4, 6, 8, 10, … dapat membentuk suatu pola bilangan yang disebut sebagai pola bilangan genap. Pola bilangan genap ini dimulai dari angka 2, dimana angka berikutnya didapat dengan menambahkan angka 2 ke bilangan sebelumnya.

 

Pola Bilangan Ganjil

Kumpulan bilangan 1, 3, 5, 7, 9, 11, … dapat membentuk suatu pola bilangan yang disebut sebagai pola bilangan ganjil. Pola bilangan ganjil ini dimulai dari angka 1, dimana angka berikutnya didapat dengan menambahkan angka 2 ke bilangan sebelumnya.

 

Pola Bilangan Segitiga

Pola bilangan segitiga ini terdiri dari angka-angka 1, 3, 6, 10, 15, … Dimana bilangan-bilangan itu dihasilkan dari penjumlahan bilangan cacah berurutan, dimulai dari :

0 + 1 = 1

0 + 1 + 2 = 3

0 + 1 + 2 + 3 = 6

0 + 1 + 2 + 3 + 4 =10

dan seterusnya.

Yang jika kita gambarkan akan membentuk segitiga seperti dibawah ini.

4.5

 

Pola Bilangan Persegi

Pola bilangan persegi ini terdiri dari angka – angka 1, 4, 9, 16, 25, … Dimana bilangan – bilangan tersebut didapat dari kuadrat bilangan asli, perhatikan rincian berikut.

1² = 1

2² = 4

3² = 9

4² = 16

5² = 25

dan seterusnya.

Dan jika kita menggambarkannya akan terbentuk persegi seperti berikut ini.

4.5

 

Pola Bilangan Persegi Panjang

Kumpulan dari bilangan-bilangan 2, 6, 12, 20, 30, … akan membentuk sebuah pola yang dinamakan pola bilangan persegi panjang. Kenapa dikatakan pola bilangan persegi panjang, karena jika digambarkan akan membentuk pola persegi panjang. Dimana bilangan – bilangan tersebut dihasilkan dengan cara berikut ini.

1 × 2 = 2

2 × 3 = 6

3 × 4 = 12

4 × 5 = 20

5 × 6 = 30

dan seterusnya, dan inilah bentuk bilangannya jika digambarkan.

4.5

 

Pola Bilangan Segitiga Pascal

Agar temen-temen lebih paham mengenai segitiga pascal, temen-temen dapat mempelajarinya pada artikel belajar memahami segitiga pascal dalam artikel terdahulu.

 

Dan inilah pembahasan mengenai apa itu pola bilangan matematika? semoga bermanfaat. Dan semoga temen-temen kini sudah paham betul mengenai materi ini. Selamat Belajar dan jangan lupa baca juga artikel sebelumnya mengenai bagaimana menghitung perbandingan berbalik nilai.

advertisements
tags: , , , , , , ,

Related For Apa Itu Pola Bilangan Matematika ?