Apa Itu Korespondensi Satu-Satu ?

Tuesday, September 27th 2016. | Fungsi
advertisements

Rumus Matematika sebelumya telah membahas mengenai bagaimana menghitung nilai perubahan fungsi jika nilai variabel berubah, dan kali ini kita akan membahas bersama mengenai apa itu korespondensi satu-satu? Mungkin temen-temen sudah pernah mendengar mengenai korespondesi satu-satu, kira-kira apa yang ada dalam benak temen-temen ketika mendengar kata ini?

8

Perhatikan contoh kasus berikut ini, bayangkan terdapat sederetan rumah disebuah kompleks perumahan. Setiap rumah memiliki nomor rumah tertentu yang berbeda dengan nomor rumah yang lainnya. Apakah mungkin satu rumah memilki dua nomor rumah? atau apakah mungkin dua rumah memilki satu nomor rumah? pastinyaa kita akan menjawabnya tidak mungkin. Keadaan demikian yaitu sebuah rumah memiliki satu nomor rumah atau dapat dikatakan bahwa satu nomor rumah dimiliki oleh sebuah rumah disebut sebagai korespondensi satu-satu.

Contoh lain yang juga menggambarkan korespondensi satu-satu adalah sebagai berikut. Terdapat enam orang siswa bermain bola voli dengan nomor punggung 301-306 dengan rincian sebagai berikut.

adversitemens

Bonar bernomor punggung 301

Asti bernomor punggung 302

Reni bernomor punggung 303

Asep bernomor punggung 304

Buyung bernomor punggung 305

Beta bernomor punggung 306

Selanjutnya, jika kita misalkan himpunan A = {Bonar, Asti, Reni, Asep, Buyung, Beta} dan himpunan B = { 301, 302, 303, 304, 305, 306} jadi “bernomor punggung” adalah relasi dari ┬áhimpunan A ke himpunan B.

Dimana relasi “bernomor punggung” dari himpunan A ke himpunan B ┬ádalam contoh kasus diatas dapat disajikan dalan bentuk diagram panah berikut.

8

Perhatikanlah bahwa setiap anggota A memiliki tepat satu anggota di B. Oleh karena itu relasi “bernomor punggung” dari himpunan A ke himpunan B merupakan suatu pemetaan atau fungsi. Selanjutnya, amatilah bahwa setiap anggota B yang merupakan peta atau bayangan dari anggota A dikawankan dengan tepat satu anggota A.

Pemetaan dua arah seperti contoh kasus diatas disebut korespondesi satu-satu atau perkawanan satu-satu. Jadi berdasarakan uraian diatas, kita dapat menyimpulkan.

Korespondensi satu-satu merupakan fungsi yang memetakan anggota dari himpunan A dan B, dimana semua anggota A dan B dapat dipasangkan sedemikian sehingga setiap anggota A berpasangan dengan tepat satu anggota B serta setiap anggota B berpasangan dengan tepat satu anggota A. Jadi banyak anggota himpunan A dan B harus sama atau n(A)=n(B).

Nah untuk mengetahui banyaknya korespondensi satu-satu yang mungkin antara himpunan A dan himpunan B jika n(A) = n(B) adalah n!= n x n(-1) x (n-2) x … x 3 x 2 x 1.

dimana n! dibaca n faktorial.

Itulah temen-temen materi mengenai korespondensi satu-satu, diharapkan temen-temen sekarang sudah sangat paham mengenai apa itu korespondensi satu-satu, bagaimana bentuknya, dan juga bagaimana mencari banyaknya korespondensi satu-satu yang mungkin.

Selamat Belajar.

 

advertisements
tags: , , , , ,

Related For Apa Itu Korespondensi Satu-Satu ?